Peduli COVID-19, USB Serahkan APD untuk Tenaga Kesehatan

 

Sebagai bentuk kepedulian kepada segenap tenaga kesehatan dalam kondisi pandemi COVID-19, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat kepada Klinik Pratama Kasih Ibu Jaten Karanganyar dan RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada Selasa (14/03/2020). Baju hazmat tersebut diterima langsung oleh Penanggung Jawab Klinik Pratama Kasih Ibu Jaten Karanganyar, dr. Kristanto Eko Wibowo, MM., dan Penanggung Jawab Laboratorium Patologi Klinik RSUD Dr. Moewardi, dr. B. Rina Aninda Sidharta, Sp.PK-K di masing-masing instansi kesehatan.

Wakil Rektor III USB, Dr. Titik Sunarni, S.Si., M.Si., Apt., mengungkapkan penyerahan APD ini merupakan wujud kepedulian USB dalam memerangi COVID-19. Selain itu USB juga turut memberikan perhatian dan semangat bagi para tenaga kesehatan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan juga dapat menjaga kesehatan, melindungi diri agar terhindar dari penularan COVID-19.

Kepala Biro Pemasaran dan PM, dr. Lucia Sincu Gunawan, M.Kes., mewakili USB, yang menyerahkan langsung sejumlah baju hazmat tersebut mengatakan bahwa APD sendiri merupakan suatu standar yang harus dipenuhi oleh tenaga kesehatan dalam pelayanan masyarakat di masa pandemi COVID-19. Keterbatasan APD, termasuk baju hazmat dan masker, menggugah kepedulian USB. USB ingin berbagi, peduli dan mendukung pejuang garda terdepan dalam melawan penyebaran COVID-19 dengan ketersediaan APD ini.

Sementara itu, Penanggung Jawab Klinik Pratama Kasih Ibu Jaten Karanganyar, dr. Kristanto Eko Wibowo, MM., mengajak seluruh masyarakat Kota Surakarta untuk tetap di rumah, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak aman, dan sering mencuci tangan dengan sabun. Pihaknya berharap masyarakat selalu sehat dan selalu dalam perlindungan Tuhan. Sementara itu Penanggung Jawab Laboratorium Patologi Klinik RSUD Dr. Moewardi, dr. B. Rina Aninda Sidharta, Sp.PK-K., menyampaikan pesan kepada para Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) agar bekerja sesuai dengan anjuran mengenakan APD misalnya masker sesuai dengan ketentuan area penggunaan APD. Pihaknya juga berpesan agar para ATLM selalu menjaga kesehatan. Selain itu, masyarakat diharapkan mau mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menerapkan social distancing.