Peduli Covid-19, Alumni USB Bagikan Handsanitizer

 

Alumni Program Studi D3 Analis Kesehatan Universitas Setia Budi (USB) tahun 1992 mengunjungi kampus Universitas Setia Budi Surakarta. Beberapa alumni tersebut datang ke USB dalam rangka membagikan handsanitizer yang berjumlah sekitar 20 liter kepada warga di Kelurahan Mojosongo. Para alumni yang secara simbolis menyerahkan handsanitizer ini diantaranya Sigit Wibowo dan Erni Purwidiyatmi. Handsanitizer tersebut diterima langsung oleh Kepala UPT Laboratorium USB, Asik Gunawan, Amd.Kes dan Sekretaris Program Studi D3 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan USB, Rinda Binugraheni, S. Pd., M.Sc.

Sejak ditetapkannya Status kota Surakarta menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19, social distancing dan physical distancing juga diterapkan di lingkungan kampus USB. Setiap tamu, karyawan, dosen, mahasiswa yang masuk ke dalam kampus dilakukan pengecekan suhu tubuh, diwajibkan memakai masker, tangan dibasuh dengan handsanitizer dan kendaraan disemprot dengan desinfektan. Hal ini diterapkan ke semua orang yang masuk ke kampus, tak terkecuali dengan para alumni ini. Salah satu alumni USB, Erni Widiyatmi menuturkan hal tersebut memang harus dilakukan sebagai cara pencegahan penularan Covid-19, salah satunya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan menerapkan social distancing serta physical distancing. Sementara itu, Sigit Wibowo menyampaikan bahwa masyarakat harus senantiasa diedukasi. Bentuk edukasi tersebut dapat dengan sosialisasi dan juga pemberian handsanitizer sebagai pencegahan penularan Covid-19.

Kepala UPT Laboratorium USB, Asik Gunawan, Amd. Kes., menyambut baik peran alumni Prodi D3 Analis Kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19 ini. Pihaknya mewakili USB menyampaikan terima kasih kepada para alumni. Diharapkan para alumni juga terus memberikan inspirasi. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk sumbangan dan partisipasi alumni kepada masyarakat dan civitas akademika Universitas Setia Budi.

Ketua Program Studi D3 Analis Kesehatan, Dr. Rizal Maarif Rukmana, S.Si., M.Sc. juga menyampaikan terimakasih atas sumbangan dan partisipasi dari alumni dalam pencegahan penularan Covid-19 di Indonesia. Alumni Program Studi D3 Analis Kesehatan USB merupakan ujung tombak penanganan pandemi COVID-19 ini karena mereka yang mengambil sampel secara swab ataupun darah. Mereka juga yang mengerjakan proses PCR untuk menentukan apakah pasien berstatus positif atau negatif COVID-19. Pihaknya berharap para alumni yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam perang melawan COVID-19. [Riz]