Peduli COVID-19, Prodi D3 Anafarma USB Bagikan Wedang Uwuh

Sebagai wujud kepedulian dalam masa pandemi COVID-19,  Program Studi D3 Analis Farmasi dan Makanan (Anafarma) Universitas Setia Budi (USB) Surakarta membagikan ratusan paket wedang uwuh gratis kepada masyarakat. Wedang uwuh tersebut dibagikan ke beberapa instansi antara lain rumah sakit, apotek, sekolah, dan beberapa perkantoran di kota Surakarta pada Selasa (05/05/2020). Pengantaran paket wedang uwuh tersebut juga melibatkan pengemudi ojek online, yang menjadi salah satu kalangan yang terdampak COVID-19.

Kepala Program Studi D3 Anafarma USB, Dr. Ika Purwidyaningrum, M.Sc., Apt., mengatakan bahwa selain sebagai wujud kepedulian, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang khasiat wedang uwuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau stamina dalam melawan COVID-19. Wedang uwuh dipilih karena merupakan salah satu minuman tradisional indonesia yang dipercaya memiliki banyak manfaat diantaranya melancarkan sirkulasi darah, kaya antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menghangatkan badan. Wedang uwuh sendiri terdiri dari jahe, kayu secang, kayu manis, daun dan ranting cengkeh, dan daun pala.

Paket wedang uwuh tersebut diberikan kepada beberapa rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, sekolah, dan perkantoran yang ada di Kota Surakarta diantaranya RS Kustati, Klinik Kusumahati, UPT Puskesmas Banyuanyar, SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 2 Surakarta, SMA Negeri 6 Surakarta, dan beberapa instansi lain. Dengan membagikan wedang uwuh kepada masyarakat, termasuk para tenaga medis yang tengah bertugas di rumah sakit, diharapkan dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona.