Fakultas Ilmu Kesehatan USB Bagikan Paket Kasih Sayang untuk Mahasiswa

 

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah menjangkit di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. Hal tersebut membuat semua sektor terdampak, salah satunya di bidang transportasi. PT KAI misalnya telah menutup akses perjalanan kereta jarak jauh sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Akses bandara untuk perjalanan udara (pesawat) juga mengalami pembatasan. Hal ini berdampak bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah yang merantau di daerah Solo raya. Banyak dari mereka yang tidak bisa pulang kampung dengan adanya pembatasan-pembatasan tersebut.

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Setia Budi (USB) Surakarta yang terdiri dari dua Program Studi yaitu Program Studi D3 Analis Kesehatan dan D4 Analis Kesehatan memberikan sebuah paket kasih sayang kepada seluruh mahasiswanya yang terdampak Covid-19. Paket kasih sayang tersebut diberikan kepada mahasiswa Prodi D3 Analis Kesehatan dan D4 Analis Kesehatan yang masih aktif, tinggal di sekitar kampus dan tidak bisa pulang ke kampung halamannya.

Wakil Dekan II FIK, Rahmat Budi Nugroho, S.Si., M.Sc., menyatakan hingga saat ini terdapat 16 mahasiswa Prodi D3 Analis Kesehatan dan 35 mahasiswa Prodi D4 Analis Kesehatan yang masih tinggal di kos masing-masing. Sementara itu, Wakil Dekan I FIK, Tri Mulyowati, S.KM., M.Sc., dalam sambutannya mengatakan kepada seluruh mahasiswa untuk menerima dengan senang hati paket kasih sayang dari dosen-dosen, dengan tidak melihat seberapa besar isi atau nominalnya, melainkan melihat dari sisi ketulusan dan rasa kasih sayang yang diberikan para dosen kepada seluruh mahasiswa. Harapannya adalah dengan adanya paket kasih sayang ini dapat membantu kesejahteraan gizi bagi seluruh mahasiswa FIK yang masih tinggal di kos.

Beberapa mahasiswa FIK yang menerima bantuan ini mengaku sangat berterimakasih atas pemberian paket ini. Hal ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang tinggal di kos. Mahasiswa juga mengaku bahwa dengan pemberian paket kasih sayang ini akan meningkatkan rasa kekeluargaan di dalam civitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan. Paket ini juga dapat membantu para mahasiswa untuk mengurangi intensitas keluar kos untuk membeli bahan makanan, sehingga hal ini juga mendukung program pemerintah untuk tetap di rumah saja.

Dalam pembagian paket kasih sayang ini juga dilakukan physical dan social distancing demi menjaga kesehatan semua civitas akademika. Pembagian bingkisan ini sendiri dihadiri oleh Pejabat Struktural FIK diantaranya Wakil Dekan I, Tri Mulyowati, S.KM., M.Sc., Wakil Dekan II, Rahmat Budi Nugroho, S.Si., M.Sc., Kaprodi D4 Analis Kesehatan, Dr. Dian Kresnadipayana, S.Si., M.Si., Kaprodi D3 Analis Kesehatan, Dr. Rizal Maarif Rukmana, S.Si., M.Sc., dan Sekretaris Program Studi D3 Analis Kesehatan, Rinda Binugraheni, S.Pd., M.Sc. [Riz].