Webinar “Perkuat Ketahanan Tubuh dalam Menghadapi COVID-19”

Dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Percepatan Penanggulangan Covid-19  dan Penguatan Literasi dan Numerasi program kolaborasi Kemdikbud, BNPB, Forum PT Pengurangan Risiko Bencana, ISMKI, dan AIPKI, Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Universitas Setia Budi Surakarta Kelompok 5 menggelar sebuah kegiatan webinar dengan tema “Perkuat Ketahanan Tubuh dalam Menghadapi COVID-19”. Webinar tersebut berlangsung pada Minggu (13/9) pukul 09.00-11.00.

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta, Dian Marlina Ph.D selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik, menyebutkan bahwa Program KKN-T ini diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia selama satu bulan (17 Agustus-17 September 2020). Kegiatan KKN-T kelompok 5 Universitas Setia Budi ini dilaksanakan secara daring dengan target sasaran masyarakat di berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah. “Kegiatan yang sudah kami lakukan di antaranya mengedukasi masyarakat melalui poster dan video edukasi melalui berbagai kanal media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube. Selain itu, ada pula kegiatan webinar sebagai program andalan kami," ungkapnya.

Webinar kali ini, merupakan webinar ke-2. Sebelumnya telah diselenggarakan webinar dengan tema "Peran Generasi Milenial di Era Pandemi Covid-19" dengan narasumber dr. Adam Prabata yang merupakan Ph.D candidate di Kobe University, Jepang. Webinar tersebut diikuti oleh 83 peserta di aplikasi Zoom dan YouTube, yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah sebagai lokasi KKN Tematik Covid-19 Universitas Setia Budi Kelompok 5.

Dalam masa pandemi korona ini, obat untuk Covid-19 terutama vaksin masih belum ditemukan. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah virus ini masuk ke tubuh adalah dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain dengan menjaga pola tidur, olahraga teratur, dan selalu menjaga kebersihan, konsumsi herbal seperti kunyit dan temulawak juga berperan penting dalam peningkatan sistem imun. Dalam webinar tersebut, Dian Marlina Ph.D mengatakan pihaknya menghimbau mahasiswa dan masyarakat umum agar selalu menjaga pola makan, mengontrol sumber makanan yang akan dikonsumsi, dan lebih banyak mengonsumsi makanan hasil masakan sendiri.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi LPPM Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Mega Novita S.Si., M.Si., M.Nat, Sc, Ph.D, yang merupakan pemateri dalam webinar memaparkan materi mengenai Teknologi Informasi Kesehatan di Era New Normal. Penerapan pembatasan di hampir seluruh bidang membuat teknologi informasi kesehatan di masa pandemi ini dinilai berperan sangat penting, bahkan dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam menghadapi perang melawan Covid-19. Baik pemerintah, masyarakat umum, maupun kaum peneliti membutuhkan keterbukaan informasi kesehatan yang dapat diakses secara cepat dan mudah.