Via Daring, USB Sambut Mahasiswa Baru TA 2020/2021

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru serta memberikan bekal untuk keberhasilan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Acara penyambutan Mahasiswa Baru dilaksanakan dalam Sidang Senat Terbuka pada Senin (21/09/2020) secara daring atau online, yang diikuti oleh sekitar 420-an Mahasiswa Baru USB TA 2020/2021. Dalam acara penyambutan tersebut terdapat 5 perwakilan Mahasiswa Baru dari masing-masing Fakultas yang hadir secara langsung di kampus USB untuk mengikuti Sidang Senat terbuka secara simbolis.

Ketua Panitia PKKMB, Dra. Endang Widyastuti, M.A., mengungkapkan bahwa kegiatan PKKMB secara daring dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 September 2020. Materi yang melibatkan pihak eksternal akan dilaksanakan dalam bentuk Webinar yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2020. “PKKMB Universitas Setia Budi diikuti oleh 420 mahasiswa baru kelas regular pagi, yang terdiri dari 280 mahasiswa Fakultas Farmasi, 27 mahasiswa Fakultas Teknik, 55 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, 32 mahasiswa Fakultas Psikologi, dan 26 mahasiswa Fakultas Ekonomi. Sementara Mahasiswa lama yang bergabung dalam PKKMB tahun ini sejumlah 7 orang,” tambahnya.

Sementara itu Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., kepada mahasiswa baru menyampaikan ucapan selamat bergabung menjadi bagian dari USB. Rektor USB menegaskan, sidang senat penyambutan mahasiswa baru ini baru pertama kali dilaksanakan secara daring mengingat Indonesia yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun diharapkan tidak mengurangi maknanya. Meski demikian pihaknya memastikan hingga saat ini proses penerimaan mahasiswa baru dan akademis berjalan lancar. Rektor mengungkapkan, sejak tahun 2017 USB telah meraih akreditasi dengan peringkat B. Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yang senantiasa dilakukan, diharapkan USB dapat meraih peringkat yang lebih tinggi.

Rektor berpesan, dengan adanya pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya, para mahasiswa diharapkan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah antara lain tetap memakai masker, melakukan physical distancing, selalu mencuci tangan, menjaga kondisi tubuh dengan makan makanan sehat dan bergizi, tidak stress, dan tidak lupa berdoa kepada Sang Pencipta.

Kegiatan PKKMB ini akan diisi dengan kuliah umum dengan pemateri dari Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II USB. Selanjutnya mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di USB. Esok harinya, mahasiswa masih akan mengikuti Kuliah Umum dan Diskusi Fakultas, menerima materi Kompetensi Dunia Kerja dengan pembicara dari Alumni USB, serta Pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tingkat Fakultas.