Bekali Calon Lulusan, USB Adakan Workshop

Untuk membekali calon lulusan, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) menggelar workshop dengan tema “The Secret Work: Discover Your Unlimited Potential” selama 2 hari pada Senin (8/7/2019) dan Selasa (9/7/2019) di Gedung A.1 Universitas Setia Budi Surakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 220-an peserta yang rencananya akan mengikuti wisuda periode II USB.

Kegiatan workshop tersebut akan dihadiri oleh 4 pembicara dengan mengangkat 4 tema yang berbeda antara lain pembahasan tentang Etika Profesi dengan pembicara praktisi kesehatan, dr. R. Prihandjojo Andri Putranto, M.Si., tema Strategi melamar pekerjaan yang dibawakan oleh Dosen Psikologi USB, Dra. Endang Widiastuti, MA., tema keterlibatan alumni bagi almamater dengan pembicara Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Fransiska Leviana, M.Sc., Apt. Kegiatan ini juga menghadirkan salah satu alumni sebagai pembicara yang memberikan materi tentang Cara menjadi Entrepreneur yaitu Bagus Setiawan, M.Si., Apt.

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., dalam sambutannya menyatakan, pada saat pertama kali masuk ke USB, para mahasiswa dibekali tentang pengenalan kehidupan kampus. Kemudian pada saat menempuh pendidikan, mahasiswa mendapatkan pendampingan dalam proses perkuliahan. Begitu juga saat akan lulus dari USB, para mahasiswa juga diberikan pembekalan oleh kampus terkait persiapan masuk ke dunia kerja. Lebih lanjut ditambahkan, dunia kerja tidak hanya membutuhkan hardskill melainkan juga membutuhkan softskill dan pengembangan potensi diri. Pembekalan ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh calon lulusan USB, dengan harapan setelah lulus nanti mahasiswa masih berkomunikasi dengan almamater. Wakil Rektor III USB menegaskan bahwa alumni memiliki peran yang tidak kalah penting. Alumni menjadi partner untuk mengembangkan USB. Sehingga pada workshop kali ini ada pembahasan khusus tentang keterlibatan alumni bagi almamater. Wakil Rektor III USB juga menghimbau saat lulus nanti, para mahasiswa diminta untuk aktif mengisi tracer study, karena hal tersebut bisa menjadi acuan akreditasi, yang nantinya juga berguna bagi pengembangan USB.