”Mahasiswa Teknik Kimia dan Analis Kimia USB Kunjungi PT. Javaplant”

Mahasiswa Universitas Setia Budi (USB) Program Studi S1 Teknik Kimia Angkatan Tahun 2016 dan Program Studi Analis Kimia Angkatan Tahun 2018 mengadakan kegiatan kunjungan industri ke PT Trirahardja (Javaplant), yang berlokasi di Desa Karangpandan, Karanganyar pada Selasa (25/6/2019). Kunjungan industri tersebut diikuti oleh mahasiswa S1 Teknik Kimia semester 6 dan D3-analis kimia semester 4, yang didampingi oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Setia Budi yaitu Dewi Astuti Herawati S.T.,M.Eng dan Argoto Mahayana S.T.,M.T.

Pada awal kunjungan, mahasiswa diberikan pembekalan terkait company profile dan jobdesk tenaga ahli lulusan analis kimia dan teknik kimia sebagai gambaran peluang kerja bagi lulusan program studi S1 Teknik Kimia dan D3 Analis Kimia. Javaplant sendiri terbentuk untuk memenuhi pasar ekstrak herbal di tanah air. Javaplant merupakan produsen ekstrak bubuk tanaman herbal terbesar di Indonesia. Sejarah perusahaan ini awalnya memproduksi aneka ekstrak herbal, lalu memasarkan produknya ke berbagai produsen jamu.

Permintaan datang dari beberapa perusahaan multilevel marketing dan industri herbal rumahan. Karena pasar lokal dianggap belum bisa menerima produknya, PT. Javaplant pun beralih membidik pasar luar negeri. Saat ini, 60% dari total produksi PT. Javaplant diserap oleh Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara di Asia Tenggara, sisanya baru di pasar domestik. Tahun 2008, perusahaan yang berada di bawah bendera PT Trirahardja ini membangun pabrik untuk memproduksi ekstrak tanaman yang sering menjadi bahan dasar makanan dan minuman.

Javaplant memiliki 2 plant di dalamnya, diman plant I merupakan tempat produksi khusus ekstrak bubuk tanaman herbal seperti curcuma, ginger, kencur, dan temu ireng. Sementara plant II merupakan tempat produksi khusus ekstrak kopi dan teh. Tujuan dari dipisahnya plant 1 dan plant 2 yaitu untuk menghindari tercampurnya bau dari produk yang dihasilkan. Proses produksi di PT. Javaplant memiliki rangkain tahapan yang prosedural dimana proses tersebut mempengaruhi kualitas maupun kuantitas produk di PT. Javaplant. Proses tersebut terdiri dari proses produksi, proses Purifikasi, dan fase sterilisasi.

Selain mengunjungi ruangan produksi, mahasiswa juga berkesempatan melihat Laboratorium di Javaplant yang digunakan untuk menganalisa atau menguji bahan baku serta menguji kelayakan hasil produksi baik dari segi keamanan, khasiat maupun kehalalan produk. Melalui kunjungan ini diharapkan mahasiswa bisa memiliki gambaran terkait dunia kerja yang nantinya akan dihadapi oleh para lulusan S1 Teknik Kimia dan D3 Analis Kimia.