PROFIL PROGRAM STUDI S1 FARMASI USB

Program Studi S1 Farmasi telah beroperasi sejak tahun 1995 dan berstatus terakreditasi dengan nilai B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan nomor Surat Keputusan 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/ 2015 tanggal 10 Juli 2015. Lulusan dari  program studi ini akan mendapatkan sebutan Sarjana Farmasi (S.Farm).

 

Visi Prodi S1 Farmasi

Menjadi Program studi yang  bermutu, berperan aktif di tingkat nasional dalam pengembangan IPTEK di bidang kefarmasian terutama natural product, serta menghasilkan Sarjana Farmasi yang beriman, bertaqwa,  berbudi pekerti luhur, kompeten, dan berdaya saing.

 

Misi Prodi S1 Farmasi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan memiliki daya saing nasional dibidang kefarmasian terutama natural product.
  2. Menyelaraskan sistem pendidikan tinggi farmasi dengan perkembangan IPTEK, sesuai dengan kebutuhan stake holder di bidang kesehatan.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan perkembangan ipteks kefarmasian.
  4. Mengembangkan jejaring (net working) kemitraan bidang kesehatan di tingkat nasional, regional, dan internasional.
  5. Menghasilkan sarjana farmasi yang beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, kompeten, dan memiliki daya saing nasional.


KURIKULUM

Program Studi S-1 Farmasi menjawab tantangan di era Globalisasi dengan senantiasa memperbarui dan menyempurnakan kurikulum. Program studi ini dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun) dengan beban studi sebanyak 148 SKS, dengan 140 sks mata kuliah dan 8 sks mata kuliah pilihan, dilengkapi dengan mata kuliah KKL untuk menunjang pengetahuan tentang pelayanan kefarmasian.

 

PROSPEK LULUSAN

Sarjana farmasi yang mampu melaksanakan pekerjaan kefarmasian di bidang produksi, distribusi dan pelayanan kefarmaian serta pengawasan dan kebijakan sediaan farmasi yang dijiwai nilai-nilai agama dan berbudi pekerti luhur.Guna meningkatkan profesionalitas, lulusan S-1 Farmasi dapat meneruskan ke jenjang pendidikan lebih lanjut pada Program Profesi Apoteker di Universitas Setia Budi.

 

FASILITAS PEMBELAJARAN

Guna mempersiapkan Lulusan, yang unggul dan siap kerja, Program Studi S-1 Farmasi, didukung dengan beberapa sarana pendidikan seperti :

  • Suasana akademik yang nyaman
  • Ruang kuliah representatif 
  • Perpustakaan yang nyaman
  • Laboratorium modern dan lengkap meliputi:

    1. Farmasetika
    2. Biofarmasetika dan Farmakokinetika
    3. Farmakognosi dan Fitokimia
    4. Farmakologi-Toksikologi
    5. Mikrobiologi
    6. Analisis Instrumen (GC, HPLC, Spektrofotometer UV-Vis, TLC Scanner)
    7. Farmasi Fisika
  • Program Studi S-1 Farmasi bekerjasama dengan Industri Farmasi, Rumah Sakit, apotek, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (BBPPVRP) Salatiga, dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional - Tawangmangu (B2P2TO2T/ BPTO).