Badan Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) adalah kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Tujuan SPM Dikti adalah menjamin pemenuhan Standar Dikti secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang Budaya Mutu di setiap perguruan tinggi di Indonesia. SPM Dikti menurut Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang SPM Dikti tersusun dalam suatu struktur yang antara lain terdiri atas SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). SPMI merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. SPMI direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi. Implementasi SPM Dikti dengan SPMI harus mampu menjamin pemenuhan Standar Dikti di perguruan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan.

Saat ini, Universitas Setia Budi telah mempunyai Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Setia Budi, yang dibentuk dengan SK Rektor USB Nomor 059a.10/SK/I/2007 tanggal 10 Januari 2007 untuk menjamin terlaksananya SPM Dikti dengan mengimplementasikan SPMI melalui siklus PPEPP, dengan telah dibuatnya Standar Mutu yang mengacu pada SN Dikti. Selain  Standar Mutu yang mengacu pada SN Dikti, masih ada beberapa standar yang ditetapkan oleh Universitas Setia Budi, yang saat ini terus direvisi dan dikembangkan oleh BPM dan unit-unit terkait untuk meningkatkan Standar Mutu yang ada agar dapat melampaui SN Dikti. Universitas Setia Budi dalam menjamin mutunya juga menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dengan bekerja sama dengan lembaga sertifikasi WQA.

 

Struktur BPM Universitas Setia Budi

Ketua BPM : Ir. Petrus Darmawan, S.T., M.T.

Ketua Bidang Pengendalian Sistem Penjaminan Mutu : Nur Aini Dewi P., M.Sc. Apt.

Ketua Bidang Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu : Sri Rejeki Handayani, M. Farm., Apt.

 

Pada tahun 2020 ini, Universitas Setia Budi sedang menjalankan evaluasi dalam siklus SPMI, dengan diadakannya Audit Mutu Internal (AMI). AMI didahului dengan melakukan koordinasi antar auditor AMI pada tanggal 15 Juli 2020. Pelaksanaan AMI dilakukan mulai tanggal 20 Juli 2020 sampai dengan 4 Agustus 2020, yang didahului Opening Meeting pada tanggal 20 Juli 2020 dan diakhiri dengan Closing Meeting pada tanggal 12 Agustus 2020 dengan dihadiri oleh semua auditor AMI dan para auditee. Untuk menindaklanjuti temuan di AMI, maka akan dilaksanakan Rapat Tinjauan Ulang Manajemen pada tanggal 25 Agustus 2020, sebelum dilaksanakannya audit eksternal oleh WQA pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 1 September 2020.