Kampus Mengajar 5, Bantu Siswa dalam Literasi dan Numerasi

Thursday, 15 June 2023 13:53 Written by

Sebanyak 2 mahasiswa Program Studi S1 Farmasi USB, Emmellia Yunitha dan Reza Dea Kurnilia, mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 5. Emmel dan Reza ditempatkan di SDN Gandekan Kota Surakarta. Mereka mengikuti kegiatan kampus mengajar ini mulai 20 Februari hingga 9 Juni 2023. Emmel dan Reza mengajar pada kelas III. Setiap pagi, mulai pukul 08.00-09.00 dilakukan kegiatan literasi dan numerasi kepada siswa-siswi yang dianggap kurang atau belum mampu dalam hal literasi dan numerasi.

kampus mengajar1 

Dalam kampus mengajar, program kerja atau kegiatan tidak hanya dilakukan secara teamwork saja, mahasiswa juga bisa menciptakan program kerja pribadi sesuai dengan jurusan masing-masing. Contohnya Emmel yang berasal dari farmasi, menciptakan program "Cara Hidup Sehat & Cuci tangan dengan baik dan benar". Selain itu ada pula kegiatan penerapan daya ingat berupa literasi dan numerasi dengan memberikan media berupa video penjelasan tentang "Kadaluarsa dalam kemasan makanan".

Sementara itu Reza menuturkan, sebagai calon Sarjana Farmasi, dirinya membawakan program “Mengenal Tanaman Obat”. Melalui kegiatan tersebut Reza berharap para siswa mengetahui manfaat tanaman yang bisa dijadikan untuk obat. Reza juga mengajak para siswa dan guru untuk membuat permen susu jahe.

kampus mengajar2

Emmel sendiri mengaku, dirinya mengikuti Kampus Mengajar Ankatan 5 ini berawal dari rekomendasi kakak tingkat yang sebelumnya telah mengikuti program Kampus Mengajar. Dirinya beralasan, melalui program Kampus Mengajar para mahasiswa bisa membantu anak-anak yang kurang mampu dalam hal literasi dan numerasi yang penyebabnya antara lain karena keterbatasan orangtua, kurang pengawasan atau belum paham mengenai pembelajaran di sekolah, serta mampu. Emmel menyebutkan melalui program kampus mengajar, para mahasiswa diharapkan mampu membantu menyelamatkan masa depan anak-anak tersebut. Yuk ikut berkontribusi bagi dunia Pendidikan melalui Program Kampus Mengajar!!

Read 6463 times Last modified on Friday, 04 August 2023 13:49