Mahasiswa S1 Teknik Kimia USB Kunjungi PG & PS Madukismo


Sebanyak 18 mahasiswa S1 Teknik Kimia Universitas Setia Budi (USB) Surakarta melakukan kunjungan industri ke pabrik gula dan pabrik spirtus Madukismo yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Senin (17/07/2023). Mahasiswa diajak secara langsung untuk menyaksikan proses produksi gula.

Pada saat dikunjungi, pabrik tersebut sedang beroperasi untuk produksi gula, sementara untuk pabrik spirtus sedang tidak beroperasi. Sebelum diajak berkeliling untuk melihat proses produksi, mahasiswa mendapatkan penjelasan materi melalui pemutaran video proses produksi gula. Melalui kunjungan ini mahasiswa mengaku mendapatkan ilmu yang cukup banyak. Jika biasanya mahasiswa belajar mengenai teori di dalam kelas, dengan adanya kegiatan kunjungan industri ini mahasiswa dapat melihat alat-alat yang digunakan untuk proses produksi pabrik gula seperti conveyor, evaporator, dan cristallizer yang tengah beroperasi untuk menghasilkan gula.

Pimpinan pabrik menjelaskan bahwa pabrik Madukismo telah bekerjasama dengan petani tebu dengan lahan pertanian sekitar 6.000 hektare. Sementara proses produksi gula sendiri dilakukan pada rentang bulan Mei hingga Oktober dengan kapasitas produksi 3.500 ton gula per hari. Gula yang diproduksi oleh pabrik Madukismo dapat memasok kebutuhan gula di sekitar wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Hal yang menarik dari pabrik Madukismo adalah limbah yang dihasilkan dari proses produksi gula maupun spirtus diinovasikan menjadi suatu barang baru yang memiliki manfaat dan bernilai ekonomis. Contohnya seperti ampas tebu yang dihasilkan dari proses ekstraksi tebu digunakan sebagai bahan bakar steam dan diolah menjadi sumber energi listrik. Pendamping pabrik mengatakan bahwa sumber energi listrik di pabrik dipasok dari listrik yang dihasilkan dari steam dengan bahan bakar ampas tebu. Jika tidak ada ampas tebu, digunakan kayu bakar sebagai penggantinya. Tidak hanya itu, tetes tebu yang dihasilkan dari proses produksi gula digunakan sebagai bahan baku proses produksi spirtus. Sehingga dapat diartikan bahwa hanya dengan satu bahan baku berupa tebu dapat menghasilkan dua produk utama yaitu gula dan spirtus.

Selain itu, produk inovasi dari pabrik Madukismo adalah batu bata yang dibuat dengan bahan baku ampas tebu, pucamadu (pupuk cair madukismo) yang dihasilkan dari hasil samping pabrik spirtus dan pupuk organik dari blotong atau lumpur yang dihasilkan dari proses pemurnian pada proses produksi gula.