Mahasiswa S1 Farmasi USB Belajar Cara Kelola Stress


Dalam rangka peringatan Dies Natalis Universitas Setia Budi (USB) ke-26, Fakultas Farmasi USB mengadakan kuliah tamu tentang pengelolaan stress bersama psikolog pada Jumat (10/11) di Gedung A.1 Universitas Setia Budi Surakarta. Kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 Farmasi USB dengan menghadirkan narasumber yaitu psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi USB, Rosita Yuniati S.Psi, M.Psi, Psi.

Dalam kuliah tamu yang mengangkat tema mengenai management stress, mahasiswa diajak untuk belajar bagaimana hidup tanpa stress sehingga bisa tetap produktif. Rosita memaparkan, berdasarkan hasil riset, sebanyak 55% mahasiswa menyatakan penyebab stress terbesar adalah hal yang berkaitan dengan akademik. Sementara itu, 6 dari 10 mahasiswa melaporkan bahwa mereka merasa sangat stress sehingga tidak dapat menyelesaikan studinya. Stress sendiri juga menjadi penyebab munculnya depresi dan angka bunuh diri yang meningkat. Maka melalui kuliah tamu ini, mahasiswa diajak untuk mengenali apa saja penyebab stress, bagaimana gejalanya, dan yang terpenting adalah bagaimana mahasiswa harus menghadapi dan mengelola stress sehingga tidak berdampak negatif pada diri sendiri.

Stress didefinisikan sebagai Sebagai respon individu terhadap situasi dan peristiwa yang dianggap mengancam. Penyebab stress sendiri bisa berbagai macam diantaranya tuntutan pekerjaan, perubahan hidup, tuntutan keluarga, masalah keuangan, Kesehatan dan penyakit, dan lain-lain. “Yang membunuh kita itu bukan penyebab stress-nya tetapi respon kita terhadap stress tersebut. Maka yang bisa dilakukan adalah kendalikan apa yang bisa kita kendalikan. Siapa yang bisa? Ya diri kita sendiri,” tegasnya. Melalui kegiatan ini mahasiswa diajak untuk mengubah cara pandang yaitu bahwa stress adalah sesuatu yang wajar, dan diharapkan bisa menjadikan stress sebagai suatu tantangan sehingga menimbulkan stimulasi dan memiliki efek yang bermanfaat bagi individu yang mengalaminya.