USB Peringati Dies Natalis ke-26


Universitas Setia Budi (USB) Surakarta terus berupaya mewujudkan visinya untuk menjadi perguruan tinggi Unggul dan menghasilkan lulusan yang kompeten, berbudi pekerti luhur dan berwawasan Internasional. Untuk meraih semua itu, Fakultas dan Program studi terus berfokus pada program pengembangan untuk terakreditasi unggul. Hal itu dikemukakan Rektor USB, Dr Ir Djony Tarigan, MBA., saat memberikan sambutan pada acara Dies Natalis ke-26 USB yang digelar pada Sabtu (11/11 di kampus Universitas Setia Budi Surakarta. "Akreditasi Unggul di tingkat Universitas dipersyaratkan minimal 50% program studi terakreditasi unggul. Karena itu secara bertahap fakultas dan prodi fokus untuk meraih akreditasi tersebut, " papar Rektor.

Rektor mengemukakan, pada Dies Natalis ke-26 kali ini USB memilih mengambil tema “Kebersamaan dalam Keberagaman Menuju USB Unggul”. Tema tersebut dipilih karena Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keberagaman ras, suku, agama, dan budaya. Demikian juga dengan kondisi yang ada di kampus USB, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di USB berasal dari berbagai daerah dan suku yang ada di Indonesia dengan agama dan budaya yang berbeda. "Namun perbedaan ini tidak menghalangi kita untuk saling berkolaborasi dalam rangka meningkatkan kinerja tridharma Universitas dan mencetak sumber daya manusia yang unggul, kreatif, inovatif dan berbudi pekerti luhur." Dengan mengambil tema tersebut, para civitas akademika yang hadir dalam kegiatan Dies Natalis ke-6 tersebut mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.


Lebih lanjut Rektor mengemukakan pada tahun 2023 USB telah meraih status akreditasi institusi ’Baik Sekali’. Sedangakan untuk program studi : sebanyak 6 program studi terakreditasi Baik Sekali,  6 program studi terakreditasi B, dan 1 program studi terakreditasi Baik. Pemeringkatan Perguruan Tinggi versi Webometrics tahun 2023 USB berada pada peringkat 142 dari 3277 Perguruan Tinggi se Indonesia dan berada pada peringkat 18 di Jawa Tengah. Pemeringkatan versi UniRank USB berada pada peringkat 200 se-Indonesia dan berada pada peringkat ke 24 di Jawa Tengah.

Sementara itu Wakil Rektor III USB, Dr. apt. Titik Sunarni, M.Si., dalam laporannya mengungkapkan bahwa dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-26 ini berbagai kegiatan akan diselenggarakan mulai dari kegiatan ilmiah berupa seminar dan workshop, kegiatan olahraga, seni, sosial, dan seremonial. Kegiatan tersebut berlangsung selama sebulan penuh mulai 10 November hingga 10 Desember 2023.

Pada moment seremonial Dies Natalis ke-26 ini juga diberikan penghargaan kepada dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa berprestasi. Khusus untuk mahasiswa berprestasi ada beberapa kategori diantaranya berprestasi pada tingkat universitas, kota/kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Penghargaan atau apresiasi ini diharapkan dapat memotivasi dan memacu semua pihak dalam bekerja dan berkarya di kampus Universitas Setia Budi.