Dapatkan Hibah PPPTV-PTS, USB Dikunjungi Tim Monev


Sebagai tindak lanjut penyelenggaraan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) Tahun 2023, Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi selaku penanggung jawab program, melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi kemajuan pelaksanaan kegiatan PPPTV-PTS terhadap Perguruan Tinggi penerima Bantuan Pemerintah PPPTV-PTS Tahun 2023, salah satunya di Universitas Setia Budi (USB). Kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut dilaksanakan pada Sabtu (18/11) di kampus USB Surakarta oleh tim monitoring dan evaluasi yang terdiri dari 4 orang yakni Wiwin Yudiarti, Aditya Nur Rochma, Riza Susilo (Unair Surabaya), dan Radhian Krisnaputra (UGM Yogyakarta).

Dalam sambutannya, Wakil Rekto II USB, Dr. Narimo, ST., MM., mengungkapkan bahwa USB menerima hibah PPPTV-PTS bagi program studi D3 Farmasi untuk penguatan keterampilan mahasiswa melalui optimalisasi pembelajaran praktikum berupa pengadaan 3 alat praktikum yakni muffle furnace, viscometer, dan waterbath. Salah satu alat yang sudah datang dan dipergunakan untuk kegiatan praktikum mahasiswa yakni muffle furnace. Alat tersebut dipergunakan untuk pengukuran kadar abu ekstrak dari bahan alam. Sementara 2 alat lainnya belum datang hingga saat ini. Hibah ini diharapkan dapat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 yaitu Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif dan IKU 6 terkait kerjasama dengan mitra/industri. Narimo menekankan bahwa USB dan pengelola unit laboratorium akan memanfaatkan alat tersebut seoptimal mungkin dalam proses pembelajaran.


Sementara itu, salah satu anggota tim monev, Radhian Krisnaputra menyatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengukur pemanfaatan peralatan yang telah diajukan oleh USB pada program hibah. Pihaknya berharap peralatan yang berasal dari dana hibah tersebut dapat digunakan seoptimal mungkin, dan bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk mencapai IKU 7 dan IKU 6, namun juga IKU 4 terkait dengan sertifikasi kompetensi dosen untuk penggunaan peralatan, pemanfaatan penelitian dan sebagainya, atau riset dosen yang dihilirkan ke masyarakat sehingga nanti dapat mencapai atau memenuhi IKU 5. Sehingga diharapkan di tahun depan USB dapat mengembangkan diri.

Adapun agenda pada kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut diantaranya pelaporan kemajuan hibah PPPTV-PTS yang disampaikan oleh Ketua Tim Taskforce PPPTV-PTS Tahun 2023, yang merupakan Wakil Rektor I USB, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan pemeriksaan dokumen data dukung luaran pelaksanaan kegiatan PPPTV-PTS Tahun 2023. Tim monev juga berkesempatan untuk meninjau langsung keberadaan alat muffle furnace di laboratorium USB.