“S1 Akuntansi USB Bahas Penggunaan AI Dalam Penulisan Artikel Ilmiah”


Dalam rangka mengeksplorasi dan memahami peran teknologi dalam dunia penulisan ilmiah, Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi (USB) mengadakan workshop bertema "Menggunakan Artificial Intelligence Dalam Penulisan Artikel Ilmiah" pada Rabu (29/11) di Amarelo Hotel Surakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Solo Raya, DIY, dan Jakarta.

Ketua Program Studi S1 Akuntasi USB, Faiz Rahman Siddiq, SE. M.Ak., menyebutkan bahwa fokus utama dalam kegiatan ini adalah pemaparan tentang teknologi Artificial Intelligence (AI) yang membahas mengenai ChatGPT dan MermaidChat, serta aplikasinya dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Faiz menambahkan bahwa workshop ini dirancang sebagai upaya untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan terkini dalam memanfaatkan AI untuk penulisan ilmiah.  Acara juga diawali dengan sambutan dari Dr. Didik Setyawan., S.E., M.M., M.Sc, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi, yang memberikan sorotan penting terkait pentingnya integrasi teknologi dalam mendukung pendidikan di era digital saat ini.

Pembicara utama dalam workshop, Dr. Eric Kunto Aribowo., S.S., M.A. memberikan wawasan mendalam mengenai peranan AI dalam mengembangkan konten ilmiah. "Teknologi AI seperti ChatGPT dan MermaidChat telah membuka pintu bagi penelitian dan pengembangan tulisan ilmiah yang lebih efektif dan efisien," ungkapnya.

Kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta memperluas jaringan di antara para akademisi, menjadikan Workshop ini sebagai titik temu yang penting dalam mempersiapkan generasi penerus dalam menghadapi revolusi digital.