34 Mahasiswa dan 5 Dosen Ikuti Program Kampus Mengajar 7


Sebanyak 34 mahasiswa dan 5 dosen Universitas Setia Budi (USB) Surakarta berhasil lolos seleksi pada program Kampus Mengajar Angkatan 7 yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Program Kampus Mengajar Angkatan 7 berlangsung mulai 19 Februari hingga 9 Juni 2024.

Kampus Mengajar sendiri merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan sasaran, dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Program Kampus Merdeka menjadi tonggak penting dalam transformasi pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah, mendapatkan pengalaman praktis, dan terlibat dalam aktivitas di luar kelas. Program ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang lebih relevan, melainkan juga mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa.

Koordinator Perguruan Tinggi di USB untuk program Kampus Mengajar, Dian Marlina, S.Farm., M.Sc., M.Si., Ph.D., menyebutkan bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan Kampus Mengajar akan mendapatkan konversi sebanyak 20 SKS dari kegiatan tersebut. Sebanyak 34 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Kesehatan tersebut akan bertugas ‘mengajar’ di beberapa sekolah dasar di beberapa wilayah. Sementara itu para dosen yang menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam program Kampus Mengajar ini bertugas untuk membimbing mahasiswa dalam program kampus mengajar, berkoordinasi dengan dinas pendidikan, sekolah, guru dan mahasiswa, memeriksa atau memberi tanggapan dan persetujuan atas laporan mingguan Mahasiswa, melakukan sharing session dengan mahasiswa, serta memberikan penilaian di akhir program.

Melalui program ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan wawasan praktis tentang proses pembelajaran dan tantangan yang dihadapi oleh para pendidik. Dengan menjadi bagian dari pengajaran aktif, mereka dapat mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu yang sangat berharga untuk masa depan mereka.

Berikut nama-nama mahasiswa dan dosen USB yang lolos seleksi Kampus Mengajar 7

Mahasiswa:

1.       Aisyah Nur Arofah

2.      Aling Sesilian Salsa Arnanda Putri

3.      Alvito Fitria Pramudita

4.      Amelia Putri Gamaretta

5.      Andini Wulan Sari

6.      Antonius Vebrian Aldi Tule

7.      Aqiela Sausan Karima

8.      Azzahra Devitasari

9.      Christina Angelica Stephani Sianturi

10.  Cryschantia Ayumi Tesalonika

11.  Devina Elsa Novitasari

12.  Diyah Mar'atus Sholekah

13.  Doni Prasetio Wibowo

14.  Dyah Ayu Setianingsih

15.  Eka Febrianti

16.  Elma Isyahra Oktavia

17.  Firliana Destianti

18.  Gema Galgani Rengga.

19.  Gloria Aprlia Thenu

20.  Hanif Purtika Sari

21.  Hanna Fazrina Agustin

22.  Icha Lutfiyah Putri

23.  Lailly Putri Alfiah Ramadhani

24.  Larasati Rambu Out

25.  Muhammad Hafidh Adani

26.  Nathali Puspitasari Simarmata

27.  Novita Ernis Utami

28.  Nur Asyifa Purnama

29.  Septia Anggraini

30.  Siti Melani Wahyu Nurjanah

31.  Soffiah Asnani

32.  Syahrial Fendy Faulana

33.  Teresa Ayustin Getrisya Sole

34.  Tria Agustina

Dosen:

1. apt. Inaratul Rizkhy Hanifah, S.Farm., M.Sc.
2. Hery Muhammad Ansory. S.Pd., M.Sc.
3. Desi Purwaningsih, S.Pd., M.Si
4. Dr.apt. Tri Wijayanti, S.Farm., MPH
5. apt. Carolina Eka Waty, S.Farm., M.Sc.

 

Selamat bertugas dan tetap Semangat!!