Kerjasama Internasional, USB Jalin MoU dengan Mahidol University Thailand


Dekan Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi, Dr. apt. Iswandi, S.Si., M.Farm., mewakili Universitas Setia Budi (USB) bersama para pimpinan perguruan tinggi Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (AIPHE) berkunjung ke Mahidol University Thailand  untuk melaksanakan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Farmasi Mahidol University pada Selasa (05/03/2024). Penandatanganan MoU tersebut dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi Mahidol University, Assoc. Prof. Surakit Nathisuwan.

Iswandi menyebutkan, delegasi Indonesia yang hadir di Mahidol University antara lain Ketua Asian Association of Schools of Pharmacy (AASP), Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (AIPHE), Yandi Syukri, dan para Dekan atau Pengurus 42 perguruan tinggi Indonesia yang tergabung dalam AIPHE. MoU Kerjasama dalam bidang akademik tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu 5 tahun untuk mendorong pertukaran akademik dan kerjasama dalam bidang pendidikan farmasi, ilmu kefarmasian, pertukaran pendidikan, penelitian ilmiah, dan transfer teknologi pada bidang kesehatan. Rencananya implementasi kerjasama ini berupa pertukaran tenaga pengajar, peneliti dan mahasiswa di semua tingkatan, menghasilkan penelitian kolaboratif dan publikasi akademik, serta menyelenggarakan seminar dan konferensi akademik internasional, dan lain-lain.

Usai mengikuti pertemuan, para delegasi berkesempatan mengunjungi pusat layanan dan fasilitas penelitian yang terdapat di Fakultas Farmasi Mahidol University antara lain Center of Biopharmaceutical Science for Healthy Aging (BSHA), Center of Molecular Targeting and Integrated Drug Development (CMT-IDD), dan Dermocosmetic Testing Center.