Webinar “Deteksi Keganasan Sel atau Jaringan Secara Patologi Molekuler”


Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Setia Budi (USB) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema "Deteksi Keganasan Sel atau Jaringan Secara Patologi Molekuler" pada Selasa (09/07/2024) secara online melalui platform zoom yang disampaikan oleh 2 pemateri yaitu Kepala KSM Patologi Anatomi RSUD Dr. Moewardi, dr. Brian Wasita, Ph.D, Sp.PA (K) dan Rosa Chryse Sutomo, S.P., M. Biotech. dari PT. Artha Genetikalab Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang metode terbaru dalam mendeteksi keganasan sel atau jaringan melalui pendekatan patologi molekuler.

Dalam presentasinya, dr Brian membahas mengenai peran pemeriksaan patologi anatomi dalam diagnosis kanker, mulai dari morfologi hingga molekuler. Kepala KSM Patologi Anatomi RSUD Dr. Moewardi tersebut membahas berbagai teknik pemeriksaan patologi anatomi, termasuk sitologi, histopatologi, dan patologi molekuler. Fokus utamanya adalah pada bagaimana pemeriksaan ini digunakan untuk diagnosis akurat, pengambilan keputusan pengobatan, dan evaluasi prognosis kanker. Materi ini menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang teknik-teknik tersebut dan bagaimana teknik tersebut diterapkan dalam praktik klinis untuk meningkatkan hasil diagnosis dan pengobatan pasien kanker​.

Sementara itu, Rosa membahas mengenai teknologi terbaru dalam histopatologi molekuler, khususnya tentang penggunaan diagnostik molekuler untuk menganalisis penanda biologis dalam genom dan proteom. Ia membahas teknik-teknik seperti PCR, digital PCR, dan sekuensing generasi berikutnya (NGS) yang digunakan untuk diagnosis penyakit, pemantauan terapi, serta pengobatan yang dipersonalisasi.

Ketua Gubernur BEM FIK, Prisa Utami Uly, menyampaikan bahwa tujuan diadakannya webinar ini adalah untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai standar kompetensi ATLM dan untuk mengetahui peran ATLM dalam mempersiapkan standar yang baik dalam laboratorium patologi klinik, laboratorium patologi anatomi serta keselamatan dan kesehatan kerja.

Sementara itu, Dekan FIK, Prof. dr. Marsetyawan HNES, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar apa saja serta meningkatkan pengetahuan maupun kepraktisan yang akan dihadapi dalam kehidupan sesuai dengan bidang keilmuan.

Tujuan utama dari webinar ini adalah untuk mendidik profesional medis tentang cara-cara terbaru untuk mendeteksi dan memahami kanker pada tingkat molekuler, sehingga dapat meningkatkan akurasi diagnosis dan efektivitas pengobatan.