Student Scientific Fair (SSF) 2019, USB Pilih Mahasiswa Berprestasi

 

Dalam rangka mewujudkan visi Universitas Setia Budi (USB) untuk menjadi perguruan tinggi yang sehat dan bermutu, berperan aktif di tingkat nasional dalam pengembangan iptek, menghasilkan insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudipekerti luhur, cerdas, dan trampil, pada tahun 2020, USB menyelenggarakan acara Student Scientific Fair (SSF) 2019. Bentuk kegiatan SSF 2019 terdiri dari Kompetisi Debat Mahasiswa 2019, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Diploma Dan Sarjana Universitas Setia Budi Tahun 2019, English Debating Contest 2019, dan Olimpiade Nasional MIPA. Kegiatan tersebut berlangsung pada Bulan Maret 2019.

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., dalam pembukaan Kompetisi Debat Mahasiswa pada Senin (18/3/2019) mengatakan bahwa kompetisi debat yang menjadi salah satu kegiatan dari SSF 2019 diharapkan bisa menjadi fasilitas pengembangan kemampuan dalam berkomunikasi. Hal ini juga bermanfaat bagi mahasiswa untuk persiapan memasuki dunia kerja. “Communication skill itu penting sebagai bekal masuk dunia kerja,” ungkapnya. Namun pihaknya menambahkan dalam kompetisi debat ini mahasiswa tidak asal memberikan argument, namun harus berdasarkan data dan based on science.

Kompetisi debat ini diikuti oleh 12 tim, dimana setiap tim terdiri dari 2 orang. Tim tersebut dibagi menjadi tim pro dan tim kontra. Adapun tema yang diangkat dalam kompetisi debat ini adalah kebijakan e-tilang yang saat ini mulai diberlakukan di beberapa wilayah di Indonesia. Berikut daftar pemenang Kompetisi Debat Mahasiswa 2019 :

JUARA TIM

  1. Rebeca Ester Nauli Sinaga & Sela Iasha Angelica (D4 Analis Kesehatan)
  2. Rizky Perdana Sukarji & Rivaldy Latukolan (S1 farmasi)
  3. Fatta Hemawati& Bernadhetta Vivi Kristiana (Fak. Teknik)

BEST SPEAKER

  1. Rebeca Ester Nauli Sinaga (D4 Analis Kesehatan)
  2. Rizky Perdana Sukarji (S1 farmasi)
  3. Sela Iasha Angelica (D4 Analis Kesehatan)

Sementara itu pada hari berikutnya, Selasa (19/3/2019) berlangsung kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Program Diploma Dan Sarjana Universitas Setia Budi Tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 3 mahasiswa Program Diploma dan 3 mahasiswa Program Sarjana. Kabag Kewirausahaan dan Softskill USB, Mohammad Khasan, S.Psi., M.Si. mengatakan Pilmapres ini diadakan dalam rangka memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di Universitas Setia Budi. Berikut daftar pemenang PILMAPRES 2019

Juara PILMAPRES Program Sarjana :

  1. Fahmi Ilmiawan (S1 Farmasi)
  2. Dinda Azzahra (S1 Akuntansi)
  3. Yosephin Dila Sintka Sekar Palupi (S1 Manajemen)

Juara PILMAPRES Program Diploma:

  1. Rebbeca Ester Nauli Sinaga (D4 Analis Kesehatan)
  2. Gabriel Citra Pertiwi (D3 Analis Kesehatan)
  3. Yossie Monnica (D4 Analis Kesehatan)