Pada hari selasa dan rabu tanggal 15 dan 16 februari 2021. Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Setia Budi Surakarta melakukan pelatihan auditor internal dengan mendatangkan pembicara yang luar biasa, yaitu Dr. Taswan., M.Si. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman, keterampilan, dan mempersiapkan Auditor Internal di lingkungan Universitas Setia Budi dalam menjalankan Audit Mutu Internal dengan berbasiskan SPMI yang berdasarkan SN-Dikti.

 

Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus, sesuai dengan SPMI dimana tahapannya menggunakan siklus P-P-E-P-P (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,  pengendalian dan peningkatan). Audit Mutu Internal (AMI) ini dilakukan secara berkala atau sesuai dengan kebutuhan. Audit Mutu Internal (AMI) juga digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan standar dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berdasarkan Standar Nasional Dikti (SN-Dikti). Penggunaan Audit Mutu Internal (AMI) dalam melakukan evaluasi ini bertujuan untuk menjamin akuntabilitas, obyektivitas, dan independensi.

 

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan kegiatan yang independen, obyektif, terencana secara sistemik, dan berdasarkan serangkaian bukti. DenganWhatsApp Image 2021 03 17 at 16.25.01 demikian, AMI merupakan bagian dari siklus penjaminan mutu yang sangat penting dan harus dilaksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan. Dalam kegiatan AMI ini, ketercapaian standar dan upaya peningkatan mutu setiap unit yang ada di Universitas Setia Budi akan dapat diketahui dengan jelas. Dengan demikian peran auditor internal sangat menentukan agar sistem penjaminan mutu tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan oleh auditor internal yang terlatih akan membantu terwujudnya sistem penjaminan mutu internal yang baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga harapan dan cita-cita Universitas Setia Budi untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan professional bisa segera terwujud.

 

###